Biografi Ir. Soekarno Singkat dan Lengkap

Assalamualaikum. Wr. Wb

Hi guys.. 
Kali ini saya akan ngepost biografi tentang Presiden RI pertama kita yaitu Bapak Ir. Soekarno. Karena saya baik hati dan tidak sombong, saya kasih ini gratis hasil pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 saya. UKK senin besok dan saya masih malas belajar, jadi lebih baik saya berbagi ilmu daripada tidak ngapa-ngapain wkwk.. Jangan asal copy-paste adik-adik atau kakak-kakakku, karena nanti saya laporkan ke guru kalian wkwk.. *garing ah*. Karena sekolah saya sudah pakai kurikulum 2013 sejak saya masuk kelas 7 dan saya sekarang kelas 8 dan sebentar lagi ke kelas 9 jadi saya pusing *backsound Pusing Pala Barbie*, pusing mikirin belajar eh bukan itu pusing mikirin "kenapa gw malas belajar, padahal niat udah serius tapi belum 100% sih wkwk.." itu yang saya katakan dalam diri saya.
Pelajaran kelas 7 sudah pernah saya share ya di blog ini, dan pelajaran kelas 8 belum pernah sama sekali saya share because i'm very busy -_- *maafkan jika tulisan diatas adalah  bisa disebut curhat*
To the point lah ini dia biografi Ir. Soekarno, sengaja tidak saya kasih foto karena, kalian juga harus banyak mencari dan jangan mencari dari satu sumber okay adik-adik?!, Baiklah kalau begitu :3

Biografi Ir. Soekarno Pahlawan Proklamator dan Pahlawan Nasional Indonesia
Soekarno dilahirkan dengan nama Kusno Sosrodihardjo . Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo seorang guru di Surabaya, Jawa . Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai berasal dari Buleleng, Bali. Ketika kecil Soekarno tinggal bersama kakeknya di Tulungagung, Jawa Timur. Pada usia l4 tahun, seorang kawan bapaknya yang bernama Oemar Said Cokroaminoto mengajak Soekarno tinggal di Surabaya dan disekolahkan ke HBS. Di Surabaya, Soekarno banyak bertemu dengan para pemimpin Serikat Islam, organisasi yang dipimpin Cokroaminoto saat itu. Soekarno kemudian bergabung dengan organisasi, Jong Java (Pemuda Jawa).
Tamat HBS di tahun 1920, Soekarno melanjutkan ke Technische Hoge School (sekarang ITB) di Bandung, dan tamat pada tahun 1925. Saat di Bandung Soekarno berinteraksi dengan Cipto Mangunkusumo dan Douwes Dekker, yang saat itu merupakan pemimpin National lndische Partij.
Pada tahun l926, Soekarno mendirikan Algemene Studie Club di Bandung. Organisasi ini menjadi cikal bakal Partai Nasional Indonesia yang didirikan pada tahun 1927. Aktivitas Soekarno di PNI menyebabkannya ditangkap Belanda pada bulan Desember 1929, dan memunculkan pidato pembelaannya yang fenomenal: Indonesia Menggugat, hingga dibebaskan kembali pada tanggal 31 Desember 1931. Pada bulan Juli 1932, Soekarno bergabung dengan Partai Indonesia (Partindo), yang merupakan pecahan dan PNI. Soekarno kembali ditangkap pada bulan Agustus 1933, dan diasingkan ke Flores. Di sini, Soekarno hampir dilupakan oleh tokoh-tokoh nasional. Namun, semangatnya tetap membara. Pada tahun 1938 hingga tahun 1942 Soekarno diasingkan ke Bengkulu. Soekarno baru kembali bebas pada masa penjajahan Jepang pada tahun 1942.
Pada awal masa penjajahan Jepang (1942-1945), pemerintah Jepang sempat tidak begitu memerhatikan tokoh-tokoh pergerakan Indonesia. Namun akhirnya, pemerintahan pendudukan Jepang memanfaatkan tokoh Indonesia, seperti Soekarno dan Mohammad Hatta dalam setiap organisasi-organisasi dan lembaga lembaga untuk menarik hati penduduk Indonesia. Organisasi seperti Jawa Hokokai Pusat Tenaga Rakyat (Putera), BPUPKI, dan PPKI, selalu melibatkan tokoh Indonesia yang memilih strategi kooperatif.
Presiden Soekarno sendiri, saat pidato pembukaan menjelang pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan, mengatakan bahwa meski sebenarnya kita bekerjasama dengan Jepang, sebenarnya kita percaya dan yakin serta mengandalkan kekuatan sendiri. Ia aktif dalam usaha persiapan kemerdekaan Indonesia, di antaranya merumuskan Pancasila, UUD 1945 dan dasar dasar pemerintahan Indonesia, termasuk merumuskan naskah Proklamasi Kemerdekaan.
Pada tahun 1943, Perdana Menteri Jepang Hideki Tojo mengundang tokoh Indonesia, yakni Soekarno, Muhammad Hatta dan Ki Bagoes Hadikoesoemo ke Jepang dan diterima Iangsung oleh Kaisar Hirohito. Bahkan, Kaisar memberikan Bintang kekaisaran (Ratna Suci) kepada tiga tokoh Indonesia tersebut. Pada bulan Agustus 1945, Ia diundang oleh Marsekal Terauchi, pimpinan Angkatan Darat wilayah Asia Tenggara di Dalat, Vietnam yang kemudian menyatakan bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah urusan rakyat Indonesia sendiri.
Setelah menemui Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam, terjadilah Peristiwa Rengasdengklok pada tanggal 16 Agustus 1945. Soekarno dan Muhammad Hatta dibujuk oleh para pemuda untuk menyingkir ke asrama pasukan Pembela Tanah Air Peta Rengasdengklok. Tokoh pemuda yang membujuk antara lain Sukarni, Wikana, Singgih serta Chairul Saleh. Para pemuda menuntut agar Soekarno dan Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia karena terjadi kevakuman kekuasaan. Ini disebabkan karena Jepang sudah menyerah dan pasukan Sekutu belum tiba. Namun, Soekarno, Hatta, dan para tokoh menolak dengan alasan menunggu kejelasan mengenai penyerahan Jepang.
Soekarno bersama tokoh-tokoh nasional kemudian mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Pada tanggal 17 Agustus 1945, berkumandanglah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dibacakan Soekarno dan ditandatangani Soekarno-Hatta atas nama rakyat Indonesia. Tanggal 18 Agustus l945, Soekarno dan Muhammad Hatta diangkat oleh PPKI menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Pada tanggal 29 Agustus 1945 pengangkatan menjadi Presiden dan Wakil Presiden dikukuhkan oleh KNIP. Kedatangan kembali pasukan Belanda bersama pasukan sekutu memicu perang antara Belanda dan sekutu melawan rakyat Indonesia. Akibatnya, ibukota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta.
Setelah Pengakuan Kedaulatan (Pemerintah Belanda menyebutkan sebagai Penyerahan Kedaulatan), Presiden Soekarno diangkat sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS) dan Muhammad Hatta diangkat sebagai Perdana Menteri RIS. Jabatan Presiden Republik Indonesia diserahkan kepada Mr. Assaat, yang kemudian dikenal sebagal RI Jawa-Yogya. Namun karena tuntutan dari seluruh rakyat Indonesia yang ingin kembali ke negara kesatuan, maka pada tanggal 17 Agustus 1950, RIS kembali berubah menjadi Republik Indonesia dan Presiden Soekarno menjadi Presiden RI. Mandat Mr Assaat sebagai pemangku jabatan Presiden RI diserahkan kembali kepada Ir. Soekarno
Masa-masa kejatuhan Soekarno dimulai sejak Ia “bercerai” dengan Wakil Presiden Muhammad Hatta, pada tahun 1956, akibat pengunduran diri Hatta dari kancah perpolitikan Indonesia. Ditambah dengan sejumlah pemberontakan yang terjadi di seluruh pelosok Indonesia, dan puncaknya, pemberontakan PKI melalui G 30 S. Soekarno wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di Wisma Yaso, Jakarta. Jenazahnya dikebumikan di Kota Blitar, Jawa Timur. Makam beliau hingga kini ramai dikunjungi, terutama pada saat penyelenggaraan Haul Bung Karno.
  • Tempat/Tgl. Lahir: Surabaya, 6 Juni 1901
  • Tempat/TgI Wafat: Jakarta, 21 Juni 1970
  • SK Presiden: No. 081/TK/Tahun 1986, Tgl. 23 Oktober 1985
  • Gelar: Pahlawan Proklamator dan Pahlawan Nasional

Penghargaan Dunia Atas Kehebatan Presiden Ir Soekarno

§  Semasa hidupnya, Soekarno mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari 26 universitas di dalam dan luar negeri.
§  Perguruan tinggi dalam negeri yang memberikan gelar kehormatan kepada Soekarno antara lain adalah Universitas Gajah Mada (19 September 1951), Institut Teknologi Bandung (13 September 1962), Universitas Indonesia (2 Februari 1963), Universitas Hasanuddin (25 April 1963), Institut Agama Islam Negeri Jakarta (2 Desember 1963),Universitas Padjadjaran (23 Desember 1964), dan Universitas Muhammadiyah (1 Agustus 1965).
§  Sementara itu, Columbia University (Amerika Serikat), Berlin University (Jerman), Lomonosov University (Rusia) dan Al-Azhar University (Mesir) merupakan beberapa universitas luar negeri yang menganugerahi Soekarno dengan gelar Doktor Honoris Causa.
§  Pada bulan April 2005, Soekarno yang sudah meninggal selama 35 tahun mendapatkan penghargaan dari Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki.
§  Penghargaan tersebut adalah penghargaan bintang kelas satu The Order of the Supreme Companions of OR Tambo yang diberikan dalam bentuk medali, pin, tongkat, dan lencana yang semuanya dilapisi emas.
Soekarno mendapatkan penghargaan tersebut karena dinilai telah mengembangkan solidaritas internasional demi melawan penindasan oleh negara maju serta telah menjadi inspirasi bagi rakyat Afrika Selatan dalam melawan penjajahan dan membebaskan diri dari apartheid.Acara penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Kantor Kepresidenan Union Buildings di Pretoria dan dihadiri oleh Megawati Soekarnoputri yang mewakili ayahnya dalam menerima penghargaan. Selama kelas 8 ini tugas ketikan di laptop sebenarnya banyak banget, pengen di share semua di blog ini sekalian buat pengingat untuk UN kelas 9 nanti karena sekolah saya tidak diberi buku paket, parah banget kan ya tidak adil banget masa Jakarta dikasih Bekasi tidak, mentang mentang Bekasi diluar Bumi percetakannya jahat banget yak, kecewa aing. Pengennya sih di dari awal kelas 7 semua data di share di blog tapi ya itu karena sangkin abnyaknya tugas jadi gini "da kita mah apa atuh,cuma pelajar yang sekolah di SMP negeri yang gratisan yang katanya juga sekolah model di kota ini tapi ternyata buku paket aja tidak dapat :'3 kasihan nasib kita sebagai siswa". Sekolah paling TOP BGT "KATANYA" dan pada kenyataannya ....? :v Sengaja saya curhat disini untuk mengkecoh kalian semua biar tidak asal copas :p

Cukup sekian post saya kali ini dan sebenarnya ini mayoritasnya curhat dan bukan yang berhubungan dengan apa yang saya share wkwk... biarkanlah SKAHA *Sesuka Hati Aing* dong :p

Wassalamualaiku. Wr. Wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pewarna Alami dan Teknik Pembuatannya

PASTA 7.3 TAHUN 2013-2014 - SMP NGERI 5 KOTA BEKASI #FLASHBACKPASTA73